Masuk

Ingat Saya

Peran Generasi Muda Dalam Pencegahan Terorisme

Stop TerorismePeran Generasi Muda Dalam Pencegahan Terorisme

Terorisme identik dengan kekerasan. Sebenarnya, terorisme ini merupakan puncak dari sebuah kekerasan. Sebuah  kekerasan dapat terjadi tanpa teror, namun teror tidak mungkin terjadi tanpa kekerasan, baik itu kekerasan terhadap fisik maupun mental.

Presiden kita yang pertama yaitu bapak Ir. Soekarno pernah berkata “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Dalam kalimat tersebut terdapat makna tersirat bahwa generasi muda memiliki pengaruh yang sangat besar bagi dunia, terutama negara kita tercinta Indonesia. Dan tentunya generasi muda juga dapat berperan dalam pencegahan terorisme. Terorisme itu sendiri berbeda dengan intimidasi, sabotase, vandalisme, dan sebagainya.

Kita sebagai generasi muda dapat berpartisipasi dalam pencegahan terorisme, misalnya :

  1.  Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menghindari terorisme.
  2.  Membantu pemerintah dalam pemblokiran situs yang di dalamnya terdapat konten – konten radikal.
  3.  Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menghindari terorisme.
  4.  Membentengi diri sendiri dengan Ilmu Agama.
  5.  Aktif berperan dalam berbagai forum anti terorisme.
  6.  dll.

Selain cara – cara diatas sebenarnya masih banyak yang dapat kita lakukan untuk melindungi dunia dan negara kita yang tercinta ini dari terorisme.

Terorisme sangat buruk karena dapat menimbulkan berbagai kerugian baik berupa moral, maupun material. Akibat terorisme, suatu golongan dapat berkonflik dengan golongan lainnya. Akibat terorisme, seseorang dapat kehilangan anggota keluarganya. Akibat terorisme, seseorang dapat kehilangan hartanya. Akibat terorisme, seseorang dapat kehilangan nyawanya.

“Mari kita bersama – sama mencegah dan memberantas Terorisme!”

#DamaiDalamSumpahPemuda

dr298
Dengan